Hukum Tajwid Surat Ar-Rum Ayat 41-42 Lengkap Dengan Penjelasannya - kajian nu online

Breaking

Hukum Tajwid Surat Ar-Rum Ayat 41-42 Lengkap Dengan Penjelasannya

Hukum Tajwid Surat Ar-Rum Ayat 41-42 Lengkap Dengan Penjelasannya


Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di pagi hari yang segar udaranya ini kami mengajak para pembaca yang berbahagia untuk membaca tulisan tentang hasil analisis hukum tajwid surat Ar-Rum Ayat 41-42 lengkap dengan penjelasannya. Tiap kita membaca suatu ayat di dalam Al-Quran maka tentunya perlu untuk memperhatikan hukum-hukum tajwid yang ada di dalamnya. Hal ini harus dilakukan agar bacaan Al-Quran kita menjadi benar dan sesuai kaidah. 

Kita dalam hidup ini tentu punya waktu yang cukup. Kita perlu memanfaatkannya untuk hal-hal yang benar dan bermanfaat dalam kehidupan. Sesibuk apa pun saya yakin ada waktu yang tersisa. Baik. Untuk itu kita langsung saja membaca hasil analisis tajwidnya di bawah ini.





Hukum Tajwid Surat Ar-Rum Ayat 41-42





Keterangan lengkap serta rinci dari nomor-nomor di atas adalah :


1. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf fa. Dibaca secara jelas.


2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


3. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara jelas.


4. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara jelas.


5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


6. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.


7. Terdapat tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


9. Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu huruf ba. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.


10. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).


11. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


13. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ya. Cara membacanya dengan jelas.


14. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


16. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


17. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.


Baca pula artikel tentang : Doa Keluar Rumah Lengkap Dengan Latin dan Artinya.


18. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf zha. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf zha.


19. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


20. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf kaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.


21. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


22. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


23. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).


24. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


25. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".


26. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.


27. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.


28. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.


29. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.





Nah, begitulah analisis tajwidnya. Tinggal kita pelajari dengan membacanya secara seksama. Tanpa harus bersusah payah lagi maka dengan mengetahui analisis tajwid tersebut, insya Allah kita bisa membaca dua ayat di dalam Surat Ar-Rum ini dengan benar. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Baca pula artikel tentang : Doa Berbuka Puasa Lengkap Dengan Latin dan Artinya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact